Ambon- Mubaligh, mubalighoh, dan guru TPQ se-Kota Ambon mengikuti Pelatihan Guru Mengaji dan Sosialisasi Kurikulum LPTKA BKPRMI di kampus UIN AM Sangadji, Minggu (3/8/2025).
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Al-Qur’an di Maluku, DPW LDII Provinsi Maluku bersama para guru TPQ se-Kota Ambon berpartisipasi aktif dalam Pelatihan Guru Mengaji dan Sosialisasi Kurikulum LPTKA BKPRMI.
Kegiatan yang berlangsung di kampus UIN AM Sangadji pada Minggu (3/8/2025) ini menghadirkan Direktur Nasional LPTKA BKPRMI sebagai pemateri utama. Para peserta mendapat pembekalan metode mengajar Al-Qur’an yang lebih efektif sekaligus sosialisasi persiapan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI).
Langkah ini merupakan bentuk sinergi antara LDII dan BKPRMI untuk mencetak generasi Qur’ani yang berakhlak mulia serta siap menghadapi tantangan zaman, tanpa meninggalkan nilai-nilai Islami.
Acara ini bertujuan memperkuat kapasitas para guru mengaji dan pembina TPQ dalam mengelola pembelajaran Al-Qur’an yang berkualitas. Selain itu, peserta juga dibekali pemahaman terkait kurikulum LPTKA BKPRMI terbaru, sebagai pedoman pembinaan santri menuju pelaksanaan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) tahun mendatang.
Direktur Nasional LPTKA BKPRMI dalam paparannya menekankan pentingnya peran guru mengaji sebagai ujung tombak pembentukan generasi Qur’ani. “Guru mengaji tidak hanya mengajarkan bacaan Al-Qur’an, tetapi juga membentuk akhlak, karakter, dan kepribadian anak-anak yang berlandaskan nilai-nilai Islam,” ujarnya.
Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Maluku H. Somad S.E menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi momentum penting bagi mubaligh, mubaligoh, dan para guru TPQ untuk meningkatkan kompetensi. “Kami berharap ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di tengah masyarakat, sehingga kualitas pendidikan Al-Qur’an di Maluku terus meningkat,” ujarnya.
Melalui kegiatan ini, diharapkan sinergi antara LDII, TPQ, dan BKPRMI semakin kuat dalam mempersiapkan generasi muda yang religius, cerdas, dan berakhlak mulia.